FANDOM

Quote1 This is terrible! Hurry! Sonic the Hedgehog - everyone is waiting for your help! Quote2
— Buku manual Sonic the Hedgehog versi Nippon

Sonic the Hedgehog (ソニック・ザ・ヘッジホッグ Sonikku za hejjihoggu?) adalah video game platformer yang dikembangkan oleh Sonic Team dan diterbitkan oleh Sega untuk Sega Mega Drive. Game ini menandakan keberadaan maskot baru Sega, yakni Sonic the Hedgehog, game ini menjadi game pertama dari seri video game terkenal yang dikenal dengan Seri Sonic the Hedgehog.

Game ini pertama kali diluncurkan untuk Sega Mega Drive di Amerika dan Eropa pada tanggal 23 Juni 1991. dengan peluncuran versi Jepang 3 hari setelahnya. Sega mengiklankan kecepatan permainannya yang berbasis pada kecepatan luar biasa Sonic, konsep game platformer kecepatan tinggi adalah sangat unik pada masanya dan kemudian hal ini mengkokohkan gaya permainan seri ini. Dengan kekuatan Motorola 68000 dalam Sega Mega Drive ini, kecepatan permainan bisa lebih cepat dari biasanya yang ditemukan di pendahulunya, dan kekuatan ini dinamai dengan "blast processing", dan menggunakan grafik 16-bit yang luar biasa membuatnya lebih kuat ketimbang Master System.

Game ini diterima baik oleh kritik dan menjadi sukses komersil besar-besaran, yang membuat Mega Drive, dan Sega, mendapatkan dorongan besar dalam popularitas, sehingga Sega bisa langsung bersaing dengan Nintendo, yang kemudian mengikuti Sega dengan peluncuran Super Nintendo. Ini akan menghasilkan apa yang akan menjadi serangan balik pertama dalam persaingan panjang perusahaan yang berlangsung hingga sepanjang tahun 90-an. Dalam beberapa tahun terakhir, game ini telah dirilis ulang beberapa kali di banyak konsol lain, dengan beberapa port menambahkan fitur baru ke game orisinal.

PlotSunting

Di surga tropis South Island yang subur, Teman-teman Sonic the Hedgehog menghilang satu persatu. Saat ia mengetahui kalau ilmuwan jahat Dr. Ivo Robotnik telah menculik mereka dan mengubah mereka menjadi robot Badnik sebagai bagian dari rencana untuk mengumpulkan semua Chaos Emerald berjumlah enam, Sonic memutuskan untuk membantu mereka dan menghentikan rencana jahat Robotnik.

GameplaySunting

Sonic1

Layar utama game.

Sonic the Hedgehog identik dengan game-game platformer lainnya yang dirilis sekitar waktu yang sama, namun fokus utamanya adalah pada gameplay cepat dan reflek cepat. Karakter tituler tidak hanya dapat berlari dan melompat, tetapi dia dapat mengambil kecepatan luar biasa jika tidak terganggu dan dapat berguling menjadi bola dan berputar menjadi musuh dan naik landai dengan momentum yang cukup, memungkinkan dia untuk meluncurkan dirinya sendiri ke udara atau mengarungi Badnik.

Kemampuan SonicSunting

Nama Sprite Deskripsi
Berjalan Sonic walk Dorong ke kiri atau kanan pada D-pad untuk memulai gerakan Sonic di kedua arah. Saat kamu menahan tombol ke bawah, Sonic memperoleh kecepatan.
Berlari Sonic run Mulai berjalan dan tahan tombol untuk membuat kecepatan Sonic bertambah. Setelah beberapa detik, dia akan lari.
Selip Sonic selip Sambil berlari, cepat tekan dan tahan arah yang berlawanan pada D-pad untuk membuat Sonic memekik berhenti. Dia akan meluncur untuk jarak pendek, berdasarkan seberapa cepat dia bergerak.
Lihat keatas Sonic lookup Sambil berdiri diam, tekan D-pad untuk membuat Sonic menatap ke langit. Ketika pemain memegang, kamera naik ke atas, memberikan pemain pandangan lingkungan diatas Sonic.
Jongkok Sonic crouch Sambil berdiri diam, tekan D-pad untuk membuat Sonic merunduk. Ketika pemain terus menekan, kamera menepuk ke bawah, memberikan pemain pandangan level di bawah tempat Sonic berdiri
Super Sonic Spin Attack Sonic spin Sering disebut Spin Attack atau hanya roll di game-game penerusnya, menekan D-pad sambil bergerak akan membuat Sonic meringkuk membuat serangan bergulir. Dia akan tetap di posisi ini sampai playe melompat atau melambat. Kecepatan gerakan Sonic saat berada dalam mode spin didasarkan pada seberapa cepat pemain bergerak ketika pemain meluncurkannya, dan juga pada medan Sonic berguling.
Super Sonic Spin Jump Sonic spin Sering disebut Spin Jump di game-game penerusnya, menekan tombol A, B, atau C kapan saja akan membuat Sonic melompat ke udara dengan serangan bergulir. Tinggi lompatan sebanding dengan berapa lama pemain menahan tombol ke bawah.
Push/Dorong Sonic push Blok tertentu dapat didorong dengan berlari melawan mereka. Terus memegang D-pad terhadap kubus yang menyinggung agar Sonic mendorongnya ke tanah. Sprite ini akan ditampilkan jika pemain mencoba ini dengan objek yang tidak dapat didorong tetapi tidak akan membahayakan pemain.

ZonaSunting

Ada tujuh zona dalam Sonic the Hedgehog (plus Level Special). Enam zona pertama mengandung tiga Act, dan yang terakhir hanya terdiri dari mesin bos terakhir.

  1. Green Hill Zone
  2. Marble Zone
  3. Spring Yard Zone
  4. Labyrinth Zone
  5. Star Light Zone
  6. Zona Terakhir

Special StageSunting

Jika Sonic menyelesaikan Act pertama atau kedua dari salah satu dari lima zona pertama dengan setidaknya lima puluh Ring, sebuah ring besar yang berputar akan muncul. Jika ia lompat menuju ring tersebut, dia akan lungsin menuju "Special Stage" (disebut sebagai "Zona Rahasia" di manual), yang menyembunyikan salah satu dari enam Chaos Emerald. Dalam tahap-tahap ini, Sonic, dalam bentuk bola, jatuh melalui serangkaian labirin berputar.

ReferencesSunting

  1. Dobson, Jason (2006-06-23). Sonic The Hedgehog Celebrates 15th Anniversary. Gamasutra. Think Services. Retrieved on 2009-08-27.
  2. Mean Machines #10 (Review: Sonic the Hedgehog & Sonic Clampdown)