FANDOM

Sonic Series logo english

Logo seri Sonic the Hedgehog

Sonic-series-logo-nippon

Logo seri Sonic the Hedgehog dalam Bahasa Nippon

Sonic the Hedgehog adalah serial video game yang dirilis oleh Sega dan dibintangi oleh maskot mereka, Sonic the Hedgehog. Seri ini dimulai pada tahun 1991 dengan dirilisnya Sonic the Hedgehog yang diluncurkan pada konsol Sega Mega Drive/Genesis. Versi 8-bit dari game ini juga dirilis pada konsol Master System dan Game Gear. Sonic lah yang bertanggung jawab membuat Sega menjadi perusahaan videogame ternama pada era 16-bit, dan game pertamanya menggantikan Altered Beast sebagai permainan bawaan untuk Sega Mega Drive di Eropa dan Amerika Utara.[1]

Pada tahun 2013, seri ini telah terjual lebih dari 140 juta unit,[2] membuat seri ini menjadi ke-5 dalam waralaba video game terlaris sepanjang masa.

Kebanyakan game dalam seri ini dikembangkan oleh Sonic Team, kecuali beberapa game spin-off yang dikembangkan secara independen oleh Sega of America. Kepala programmer dalam game pertama adalah Yuji Naka, yang kemudian menjadi ketua dalam divisi Sonic Teeam, dan perencana gamenya adalah Hirokazu Yasuhara tapi ia kemudian berhenti memproduksi game dalam waralaba tersebut. Musik dalam dua game Sonic the Hedgehog pertama di Mega Dirve / Genesis digubah oleh Masato Nakamura dari band Nippon Dreams Come True.

Yuji Naka, Hirokazu Yasuharu, dan Naoto Ohshima kemudian berhenti memproduksi game Sonic. Yuji Naka kemudian menjadi ketua waralaba miliknya sendiri, Prope. Ohshima kemudian bergabung dengan perusahaan Artoon, dan Yasuhara pindah kepada Namco, perusahaan videogame lain. Saat ini, Takashi Iizuka adalah ketua dari Sonic Team dan telah terlibat dalam berbagai game Sonic. Saat ini juga, kebanyakan muusic dari seri ini digubah oleh Sega Sound Team atau Crush 40.

IkhtisarSunting

Hampir semua game dalam seri ini[3] yang mengutamakan landak biru antropomorfik bernama Sonic sebagai karakter pemain sentral dan protagonis. Game-game tersebut menunjukana upaya Sonic untuk menyelamatkan planetnya dari berbagai ancaman, terutama serangan dari si jenius dan kejam bernama Dr. Eggman di Nippon, dan Dr. Ivo Robotnik di negara Barat, namun sekarang ia lebih sering dipanggil Dr. Eggman setelah Sonic Adventure. Sebagai antagonis utama dalam seri ini, tujuan utama Robotnik adalah menguasi planet dan mendirikan Eggman Empire atau Eggmanland (Yang dimana dia berhasil lakukan di Sonic Unleashed)[4] dan untuk mencapai ini, Ia biasanya berusaha untuk melenyapkan Sonic dan mencuri kekuatan dari Chaos Emerald.

ReferensiSunting

  1. Kennedy, Sam. The Essential 50: Sonic the Hedgehog. 1up.com. Retrieved on 24 April 2011.
  2. Kellie (29 May 2014). Introducing Sticks to the Sonic Franchise. “Sonic the Hedgehog first appeared as a video game character in June 1991 and instantly became an icon for a generation of gamers. Defined by his super-fast speed and cool attitude, in the years since he first raced on to video game consoles Sonic has become a true global phenomenon with over 140 million video games sold or downloaded worldwide across consoles, PC’s, mobile phones and tablets.”
  3. Perhatikan bahwa Sonic bukan karakter sentral dalam game tertentu, seperti Shadow the Hedgehog, Knuckles 'Chaotix, Tails Adventure, dan Tails Skypatrol , di mana Shadow the Hedgehog, Tim Chaotix dan Miles "Tails" Prower adalah karakter sentralnya, masing-masing.
  4. Meskipun manifestasi dari tujuan Dr. Robotnik untuk menaklukkan dunia tidak disebutkan namanya dalam game pra-32-bit, Sonic Adventure dan game setelah itu sangat mengembangkan aspek ini.