FANDOM

Artikel ini tentang subjek di dunia nyata.
Informasi dalam artikel ini adalah tentang orang, perusahaan, dan benda-benda nyata, dan tidak berhubungan dengan seri Sonic di alam semesta.
SEGA

Logo saat ini sejak 1982.

Sega Games Co., Ltd. (株式会社セガ Kabushiki gaisha Sega Gēmusu?) adalah perusahaan perangkat lunak video game dan pengembangan perangkat lunak multinasional Jepang, dan mantan komputer rumah dan pembuat konsol permainan video yang berkantor pusat di Ōta, Tokyo, Jepang. Perusahaan ini sukses dengan kedua-dua arcade dan konsol rumah, tetapi pada tahun 2001, Sega resmi meninggalkan bisnis konsol konsumen dan mulai berkonsentrasi pada pengembangan perangkat lunak bukan untuk beberapa platform pihak ketiga.[1]

Kantor utama Sega, serta kantor utama divisi domestiknya, Sega Corporation (Jepang), berlokasi di Ōta, Tokyo, Jepang. Divisi Eropa Sega, Sega Europe Ltd., berkantor pusat di daerah Brentford London. Divisi Amerika Utara Sega, Sega of America Inc., berkantor pusat di Irvine, California, setelah pindah ke sana dari San Fransisco, California pada tahun 2015. Mereka awalnya berbasis di Redwood City, California.[2][3] Pusat penerbitan Sega Publishing Korea berlokasi di Jongno, Seoul, Korea. Pada tanggal 1 November 2000, Sega mengubah nama perusahaannya dari Sega Enterprises, Ltd. menjadi Sega Corporation.[4]

Pada 1 Juli 2012, Sega Australia dan semua operasi Eropa lainnya selain dari Inggris telah ditutup karena tekanan ekonomi. Namun, semua karyawan dari Sega Australia membentuk sebuah perusahaan bernama Five-Star Games yang menangani distribusi produk Sega di Australia, yang masih berlokasi di Sydney, New South Wales.

Sega, bersama dengan sub-studosinya, dikenal dengan waralaba game multi-juta jual termasuk Sonic the Hedgehog.

SejarahSunting

Asal-usul (1945–1989)Sunting

Sega didirikan pada tahun 1940 sebagai Standard Games (kemudian Service Games) di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat,[5] oleh Marty Bromely, Irving Bromberg, dan James Humpert[6] untuk menyediakan hiburan yang dioperasikan dengan koin untuk prajurit Amerika di pangkalan militer. Bromely menyarankan agar perusahaan pindah ke Tokyo, Jepang pada tahun 1951 dan pada bulan Mei 1952 "SErvice GAmes of Japan" telah didaftarkan.

Pada tahun 1954, seorang pengusaha Amerika lainnya, David Rosen, pindah ke Tokyo dan mendirikan perusahaan Rosen Enterprises, Inc., di Jepang untuk mengekspor karya seni. Ketika perusahaan mengimpor kios foto instan yang dioperasikan koin, itu tersandung pada kejutan yang mengejutkan: stan sangat populer di Jepang. Bisnis sedang booming, dan Rosen Enterprises diperluas dengan mengimpor game elektro-mekanik yang dioperasikan koin.

Rosen Enterprises dan Service Games bergabung pada 1965 untuk menciptakan Sega Enterprises. Dalam setahun, perusahaan baru itu merilis game simulator kapal selam bernama Periscope[7] yang menjadi hit di seluruh dunia.

Pada tahun 1969, Gulf+Western membeli Sega, dan Rosen diizinkan untuk tetap menjadi CEO divisi Sega. Di bawah kepemimpinan Rosen, Sega terus tumbuh dan berkembang. Pada tahun 1976, mereka merilis TV layar lebar, Sega-Vision (tidak harus bingung dengan portable media player mereka, Sega Vision).

Dalam arcade permainan video, Sega dikenal untuk permainan seperti Zaxxon, permainan pertama yang menggunakan proyeksi aksonometri, dan Hang-On, permainan video pengalaman-tubuh pertama di dunia.[8]

Pendapatan Sega akan mencapai $214 juta pada tahun 1982 dan pada tahun 1983,[5] Sega akan merilis konsol video game pertamanya, SG-1000, permainan video arcade 3D pertama, SubRoc-3D, yang menggunakan penampil periskop khusus untuk memberikan gambar individu ke setiap mata, dan permainan arcade laser-disc pertama, Astron Belt.

Pada tahun yang sama, Sega adalah salah satu korban dari video game crash. Mendoror uang, Gulf+Western menjual aset Sega ke produsen pinball terkenal Bally Manufacturing Corporation. Aset Jepang Sega dibeli seharga $38 juta oleh sekelompok investor yang dipimpin oleh Rosen dan Hayao Nakayama, seorang pengusaha Jepang yang memiliki Esco Boueki (Esco Trading) sebuah perusahaan distribusi permainan arcade[9] yang telah diakuisisi oleh Rosen pada tahun 1979. Nakayama menjadi CEO baru Sega, dan Rosen menjadi kepala anak perusahaannya di Amerika Serikat.

Pada tahun 1984, konglomerat multi-miliar dolar Jepang CSK membeli Sega, mengganti namanya menjadi Sega Enterprises Ltd., yang bermarkas di Jepang, dan dua tahun kemudian, saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo. Teman David Rosen, Isao Okawa, ketua CSK, menjadi ketua Sega. Pada tahun 1986, Sega of America siap untuk mengambil keuntungan dari pasar video game yang bangkit kembali di Amerika Serikat.

Sega juga akan merilis Sega Master System dan permainan Alex Kidd pertama, yang akan menjadi maskot tidak resmi Sega sampai 1991 ketika Sonic the Hedgehog mengambil alih. Sementara Sistem Master secara teknis lebih unggul dari NES,[10] gagal menguasai pangsa pasar di Amerika Utara dan Jepang karena strategi yang sangat agresif oleh Nintendo dan pemasaran yang tidak efektif oleh Tonka di Amerika Serikat. Namun, itu mendominasi pasar Eropa dan Brasil sampai Sega menghentikan sistem di Eropa pada tahun 1996, dan di Brasil pada tahun 2000.

Sega sebagai produsen konsol utama (1989–2001)Sunting

Sega Mega Drive/GenesisSunting

Sega versus AccoladeSunting

Sega SaturnSunting

DreamcastSunting

Beralih ke produsen perangkat lunak pihak ketiga (2001–2005)Sunting

Status saat ini (2006–sekarang)Sunting

ReferensiSunting

Templat:Reflist

Pranala luarSunting